Analisis Kualitas Layanan Rumah Sakit Terhadap Kepuasan Pasien: Studi Kasus Rumah Sakit Umum Daerah Bandar LampungDea Asriani Saragih / Andhyka Tyaz Nugraha, S.P., M.Si., Ph.D. / Teknik Industri, 2024Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan rumah sakit dengan merepresentasikan dari skala HospitalQual terhadap kepuasan pasien dengan memberikan usulan perbaikan kepada Rumah Saki Dr. H. Abdul Moeloek Bandar Lampung. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada hubungan penga... |
HUBUNGAN WAKTU TUNGGU PELAYANAN RESEP DENGAN KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI RAWAT JALAN RSUD DR. A. DADI TJOKRODIPONANDA FEBIOLA / apt. Gayatri Simanullang, M,Si. / Farmasi, 2024Waktu tunggu pelayanan resep merupakan waktu yang dibutuhkan untuk menunggu palayanan obat dari penyerahan resep hingga selesai mendapatkan pelayanan informasi obat. Waktu tunggu pelayanan resep dan kepuasan pasien merupakan komponen potensial yang berdampak pada mutu pelayanan kefarmasian. Peneliti... |
Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan BPJS Kesehatan Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit Tingkat IV 02.07.04 LampungRAMADHAN ADI PERDANA / apt. Dirga, S.Farm., M.Sc. / Farmasi, 2025Kepuasan pasien merupakan salah satu tolak ukur fundamental dalam menilai kualitas pelayanan kesehatan, terutama pada era Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dikelola oleh BPJS Kesehatan. Pelayanan kefarmasian adalah salah satu komponen vital yang diterima oleh pasien rawat jalan yang berobat di r... |
OPTIMALISASI PELAYANAN RUMAH SAKIT MENGGUNAKAN METODE SERVICE QUALITY DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN (STUDI KASUS: RUMAH SAKIT UMUM DAERAH RAGAB BEGAWE CARAM MESUJI)Muhammad Frans Dewa Lanang / Muhammad Faishal Jundana Muttaqin, S.T., M.T. / Teknik Industri, 2025Kualitas pelayanan menjadi indikator utama dalam menilai kepuasan pasien pada institusi layanan kesehatan. Rumah Sakit Umum Daerah Ragab Begawe Caram Mesuji menghadapi tantangan dalam hal pelayanan dan fasilitas. Tujuan dilakukan penelitian ini guna mengukur kualitas pelayanan RSUD RBC Mesuji menggu... |